Hari ini, tepatnya tanggal 30 Juni 2010, lewat prakasa dari @mashable ditetapkan sebagai Hari Media Sosial atau Social Media Day. Hari di mana bertemunya seluruh warga dunia untuk berkumpul dan berbincang antar sesama pecinta Media Sosial baik blogger, facebooker, tweeple, hingga kaskuser.
Efek Social Media memang luar biasa dahsyat. Social Media lewat salah satu medianya yakni jejaring sosial, dapat memberikan ’sedikit’ pilihan bagi individu. Seakan seseorang ‘tidak’ mempunyai kendali penuh atas pilihannya sendiri. Saling mempengaruhi antar individu sangat kuat dalam jejaring sosial. Contoh dari efek ini dapat dilihat dari gerakan Bibit Chandra, koin untuk Prita, atau Bilqis.
Selain itu, Social Media telah mengubah perilaku serta kebiasaan seseorang. Pola konvensional mulai ditinggalkan senada dengan perkembangan Social Media. Misalkan kebiasaan membaca koran di pagi hari mulai ‘bergeser’ dan beralih ke media lain. Seperti mengikuti berbagai akun Twitter portal berita atau media cetak. Atau para pengguna Social Media lebih ‘mempercayai’ saran atau masukkan teman-teman (film, fashion, gaya hidup, makanan dll) sesama pengguna Social Media daripada referensi sebuah majalah, koran, radio, atau televisi.
Terhubungnya kita dengan Social Media dengan jutaan penguna Social Media lain di seluruh dunia juga mengubah perilaku individu seseorang. Sebagai contoh, keputusan Anda untuk datang ke suatu acara, bisa membuat teman temannya teman Anda melakukan hal yang sama. Atau ketika Facebook memperkenalkan tombol suka (Like Button) yang telah menyebar di jutaan web di seluruh dunia, semakin menghubungkan semua individu dalam satu wadah yang saling berkaitan.
Dan dengan Social Media pula terlahir sebuah metode baru (talk show, kuis, promosi, iklan dll) yang sebelumnya tidak ada. Salah satu contohnya adalah acara gagasan @pungkas yakni #Twitalk, live talk show yang memanfaatkan stream Twitter timeline.
Seperti dikutip dari fanabis, di Indonesia perayaan Social Media Days diadakan di Jakarta dan Bandung. Khusus di jakarta, acara tersebut tersebut diselenggarakan oleh Fresh (fredom of sharing), Kaskus dan Obrolan Langsat (Obsat). Menurut Pitra Satvika, founder Fresh acara tersebut akan dihadiri oleh para petinggi Social Media, juga para selebritas online.
Pada acara tersebut kita bisa membincangkan mengenai Social Media dengan Enda Nasution, Raditya Dika dan lainnya. Acara santai itu juga akan ditemani oleh iringan musik dari Mike’s Apartment serta having fun dengan sesama penggila Social Media yang akan diadakan di Mezzaluna Cafe, Jl. Kemang Raya no 118.
Acara ini akan dimulai pukul 18:30 WIB. Bagi Anda yang ingin live tweet nanti, dapat menambahkan tagar (hashtag) resmi Social Media yakni: #smday. Keputusan Anda untuk datang ke acara ini akan mempengaruhi teman temannya teman Anda. Tidak percaya, silakan updates status dan sebarkan acara ini di pelbagai Social Media yang Anda ikuti. Lihat efeknya, pasti banyak teman Anda yang akan tertarik dan tidak sedikit ikut serta dalam acara tersebut.
Laman Social Media Day di Mashable
Efek Social Media memang luar biasa dahsyat. Social Media lewat salah satu medianya yakni jejaring sosial, dapat memberikan ’sedikit’ pilihan bagi individu. Seakan seseorang ‘tidak’ mempunyai kendali penuh atas pilihannya sendiri. Saling mempengaruhi antar individu sangat kuat dalam jejaring sosial. Contoh dari efek ini dapat dilihat dari gerakan Bibit Chandra, koin untuk Prita, atau Bilqis.
Selain itu, Social Media telah mengubah perilaku serta kebiasaan seseorang. Pola konvensional mulai ditinggalkan senada dengan perkembangan Social Media. Misalkan kebiasaan membaca koran di pagi hari mulai ‘bergeser’ dan beralih ke media lain. Seperti mengikuti berbagai akun Twitter portal berita atau media cetak. Atau para pengguna Social Media lebih ‘mempercayai’ saran atau masukkan teman-teman (film, fashion, gaya hidup, makanan dll) sesama pengguna Social Media daripada referensi sebuah majalah, koran, radio, atau televisi.
Terhubungnya kita dengan Social Media dengan jutaan penguna Social Media lain di seluruh dunia juga mengubah perilaku individu seseorang. Sebagai contoh, keputusan Anda untuk datang ke suatu acara, bisa membuat teman temannya teman Anda melakukan hal yang sama. Atau ketika Facebook memperkenalkan tombol suka (Like Button) yang telah menyebar di jutaan web di seluruh dunia, semakin menghubungkan semua individu dalam satu wadah yang saling berkaitan.
Dan dengan Social Media pula terlahir sebuah metode baru (talk show, kuis, promosi, iklan dll) yang sebelumnya tidak ada. Salah satu contohnya adalah acara gagasan @pungkas yakni #Twitalk, live talk show yang memanfaatkan stream Twitter timeline.
Seperti dikutip dari fanabis, di Indonesia perayaan Social Media Days diadakan di Jakarta dan Bandung. Khusus di jakarta, acara tersebut tersebut diselenggarakan oleh Fresh (fredom of sharing), Kaskus dan Obrolan Langsat (Obsat). Menurut Pitra Satvika, founder Fresh acara tersebut akan dihadiri oleh para petinggi Social Media, juga para selebritas online.
Pada acara tersebut kita bisa membincangkan mengenai Social Media dengan Enda Nasution, Raditya Dika dan lainnya. Acara santai itu juga akan ditemani oleh iringan musik dari Mike’s Apartment serta having fun dengan sesama penggila Social Media yang akan diadakan di Mezzaluna Cafe, Jl. Kemang Raya no 118.
Acara ini akan dimulai pukul 18:30 WIB. Bagi Anda yang ingin live tweet nanti, dapat menambahkan tagar (hashtag) resmi Social Media yakni: #smday. Keputusan Anda untuk datang ke acara ini akan mempengaruhi teman temannya teman Anda. Tidak percaya, silakan updates status dan sebarkan acara ini di pelbagai Social Media yang Anda ikuti. Lihat efeknya, pasti banyak teman Anda yang akan tertarik dan tidak sedikit ikut serta dalam acara tersebut.